RSS

Kaligrafi Digital

21 Mar
Sebelum membahas tentang kaligrafi digital, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu, apa itu seni digital? Karena, kaligrafi digital erat sekali kaitannya dengan seni digital. Seni digital adalah seni (sesuatu yang indah) yang dibuat dengan menggunakan komputer dalam bentuk digital. Seperti gambar diimbas, atau dilukis dengan menggunakan grafik vektor misalnya. Dari bantuan media digital inilah kaligrafi digital bisa dibuat.
Kata kaligrafi sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2 suku kata yaitu kallos yang artinya indah dan graph yang artinya menulis. Dari asal katanya saja sudah dapat terlihat bahwa kaligrafi merupakan bagian dari seni, karena memiliki nilai estetika (keindahan). Jadi kaligrafi merupakan seni dalam membuat tulisan indah. Istilah kaligrafi sebenarnya tidak hanya dipahami sebagai tulisan arab saja. Ada kaligrafi tulisan cina, kaligrafi tulisan latin, dan lain sebagainya. Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk dibaca dengan konsentrasi tinggi dalam waktu lama, melainkan hanya sebagai hiasan.
Di dalam seni rupa Islam, tulisan arab seringkali dibuat kaligrafi. Biasanya berisi ayat-ayat Al-Quran. Bentuknya bermacam-macam, tidak selalu pena diatas kertas, tetapi seringkali juga di atas logam atau kulit. Namun dengan berkembangnya teknologi hingga sekarang ini, kini kaligrafi juga bisa dibuat dalam bentuk (media) digital. Inilah yang dimaksud dengan kaligrafi digital. Jadi kaligrafi digital yaitu seni membuat tulisan indah dengan menggunakan perangkat/media digital.
Kaligrafi digital adalah kaligrafi yang berbasis grafik vektor bukan bitmap. Karena berbasis vektor, maka kaligrafi ini bisa diperbesar tanpa batas sesuai dengan ukuran yang dikehendaki dengan hasil cetak yang sangat tajam. Jenis ini biasanya digunakan untuk cetak digital dengan ukuran besar seperti spanduk, banner, baleho, bahkan juga digunakan sebagai hiasan di masjid-masjid menggantikan kaligrafi manual yang biasanya digunakan.
Untuk membuat kaligrafi digital, diperlukan perangkat lunak yang bisa mengedit grafik vektor. Diantaranya yaitu Corel Draw. Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh perusahaan perangkat lunak Corel. Berikut langkah membuat kaligrafi digital menggunakan Corel Draw:
1. Buka program Corel Draw
2. Buat/desain tulisan yang akan dibuat menjadi kaligrafi, menggunakan artistic media tool
3. Klik calligraphic, atur kemiringan sudut kaligrafi. Untuk settingan lain, pilih file – artistic media
4. Atur aneka warna, efek sesuai yang diinginkan.
Selain itu, ada juga program khusus membuat kaligrafi arab digital, misalnya: Kelk2010. Kelk 2010 (Portable)
Banyak keuntungan dari kaligrafi digital. Salah satunya adalah bisa dicetak berulang kali tanpa harus membuat lagi dalam waktu yang sangat singkat. Di samping itu, karya ini bisa disesuaikan ke media apapun.
About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21/03/2011 in Artikel Kaligrafi

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: